HUBUNGAN ANTARA SISTEM PEMBELAJARAN DENGAN TINGKAT STRESS DAN ADAPTASI PADA SISWA PESANTREN ACEH BESAR

siska millasari, Syarifah Rauzatul Jannah

Abstract


Pesantren memiliki cara pendidikan yang berbeda dengan sekolah pada umumnya, di pesantren mempunyai dua sistem pembelajaran umum dan madrasah, sehingga dapat memicu resiko stress bagi pelajar. Stress diakibatkan karena interaksi yang didapat ketika menjalani interaksi sosial baik dari teman, dari orang lain maupun masalah pelajaran yang dianggap sulit. Untuk mengatasi stress maka pelajar harus  dapat beradaptasi terhadap sistem pembelajaran selama belajar di pesantren. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan sistem pembelajaran dengan tingkat stress dan adaptasi siswa di pesantren. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode correlation study  dan desain cross sectional study. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kuesioner. Kuesioner yang digunakan ada 3, dua kuesioner dikembangkan sendiri (Sistem Pembelajaran & Adaptasi) dan  satu diantaranya kuesioner baku (Depression Ansiety Stress Scales (DASS 21)), dan Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling berjumlah 104 responden. Hasil penelitian dianalisa menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara sistem pembelajaran dengan tingkat stress (0,000) dan hubungan antara sistem pembelajaran dengan adaptasi (0,028) pada responden. Diharapkan kepada siswa agar dapat beradaptasi dengan baik dilingkungan pesantren dan mengurangi faktor-faktor yang menimbulkan stress. Kepada para pengajar diharapkan agar memberikan pembelajaran dengan belajar dilapangan atau piknik sambil mengajar untuk menghindari terjadinya stress selama berada di pesantren.


Full Text:

PDF

References


Ayu, S. J. (2018). Hubungan tingkat Stress dengan Streategi Koping yang digunakan pada santri remaja pondok pesantren Nurul Aliman Kudus.

Atmadja, T., (2017). Konsep Sister Calista Roy diakses melalui : http://docplayer. Ifo/46224580-konsep-siste-calista-roy.html diakses pada tanggal 6 Februari 2019.

Gaol, N. T. L. (2016). Teori Stress: Stimulus, Respons, Transaksional. Buletin Psikologis. 24(1), 1-11

Haryanto, R & Suarayasa, K. (2013). Perilaku seksual pranikah pada siswa SMA Negeri1 Palu, Jurnal Academia Universitas Tadulako Palu, vol.05, p.1118

Hasanah, N. (2017). Komponen Kurikulum Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Komparatif Di Sma Darussyahid Dan Sma Puteri At-Tanwir Sampang). Jurnal Interaksi. 7,70-79.

Hastono, S. P. (2016). Analisis data pada bidang kesehatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hastono, S. P. (2017). Analisis Data pada Bidang Kesehatan. Depok: Rajagrafindo Persada

Kozier, B., Erb, G., Berman, A., Snyder, S. J. (2010). Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, & Praktik. Jakarta : EGC

Maryam, S. (2017). Strategi Koping: Teori dan Sumberdayanya. Jurnal Konseling Andi Mattapa. 1(2), 101-107

Nur, M. H. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Penelitian dan Artikel Penelitian.

Prihatina, R.D, Latifah, M. & Johan, I.R. (2012). Konsep diri, kecerdasan emosional,tingkat stress dan strategi koping remaja pada berbagai model pembelajaran. Jurnal Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia,Institut Pertanian Bogor, p. 48-57.

Pritaningrum, M., Hendriani, W. (2013). Penyesuaian Diri Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik Pada Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial. 2(3), 141-143.

Imam, S. (2017), Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter, Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8, p. 85-102

Sandu, S., Yuly, P., Eva, A. (2016). Mekanisme Koping Pada ODHA dengan Pendekatan Teori Adaptasi Callista Roy. Jurnal Ners Keperawatan, vol 11(2), 256-260.

Sumiati, Dinarti, Nurhaeni, H. & Aryani, R. (2009). Kesehatan Jiwa Remaja dan

Konseling. Jakarta: Trans Info Media.

Tolib, A. (2015). Pendidikan Di Pondok Pesantren Modern. Jurnal Risaalah, Vol . 1(1)

Yuniar, M., Abidin, Z. & Astuti, T.P. (2005). Penyesuaian Diri Santri Putri TerhadapKehidupan Pesantren: Studi Kualitatif pada Madrasah Takhasusiah Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta. Jurnal Psikologi Undip, 2, 10-17.

Yekti, M., Ari, W. (2010). Cara Jitu Mengatasi Stress. Yogyakarta: Andi

Zakiyah, N., Hidayati, F.N.R., Setyawan, I. (2010). Hubungan antara penyesuaian diridengan prokrastinasi akademik siswa sekolah bersama SMPN 3 PeteronganJombang, Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, vol. 8(2), p. 156-167.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id