HUBUNGAN KARAKTERISTIK MAHASISWA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN DI RSPN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

Sakinah Wardhatul Aini, Hajjul Kamil

Abstract


Keberhasilan suatupelayanankesehatandapatdilihat dari kepuasanpasien. Untuk memahami kepuasan pasien dilakukan identifikasi dengan melihat karakteristik dari masing-masing pasien. Pemberi pelayanan harus memahami karakteristik pasien agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik mahasiswa dengan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Prince Nayef Bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif; descriptive correlation dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian seluruh mahasiswa Universitas Syiah Kuala yang menggunakan pelayanan kesehatan poliklinik berjumlah 3.152 orang. Besar sampel ditentukan dengan rumus slovin berjumlah 97 orang dengan teknik accidental sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner baku kepuasan konsumen The Service Quality (SERVQUAL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks kepuasan mahasiswa 41,71% yang berarti 58,29% mahasiswa belum puas dengan pelayanan kesehatan poliklinik mahasiswa, ada hubungan bidang ilmu (p-value = 0,007), tidak ada hubungan jenis kelamin (p-value = 1,00), usia (p-value = 1,00), jalur masuk (p-value = 0,935), asal daerah (p-value = 0,061), dan suku (p-value = 0,061) mahasiswa dengan tingkat kepuasan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Prince Nayef Bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala Banda Aceh . Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa dengan bidang ilmu eksakta lebih tidak puas daripada mahasiswa bidang ilmu humaniora.  Direkomendasikan kepada tenaga kesehatan dan rumah sakit untuk meningkatkan indeks kepuasan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan dimensi dengan prioritas tertinggi yaitu reliability, responsiveness, tangibles, empathy dan assurance serta memahami karakteristik dari mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Center for Public Health Innovation Unud. (2016). Survei Kepuasan Pasien RSUP Sanglah Denpasar. Bali: Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Damayanti, N. A., Jati, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2018). Analisis Perbedaan TingkatKepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Berstatus Akreditasi Utama Dan Paripurna Di Kota Semarang. 6.

Duwila, A., Korompis, G. E. C., & Maramis, F. R. R. (2019). Hubungan Karakteristik Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat ( JKN-KIS ) dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSU Pancaran Kasih GMIM Manado. Kesmas, 8(1), 1–6.

Fadliady, M. (2016). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Rs Prince Nayef Di Banda Aceh. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1.

Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno. PROFESI, 14(September), 42–48.

Hidayati, A. N., Suryawati, C., & Sriatmi, A. (2014). Analisis Hubungan Karakteristik Pasien dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center ( SEC ) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2, 9–14.

Ibraheem, W. A., Ibraheem, A. B., & Bekibele, C. O. (2013). Socio-demographic Predictors of Patients’ Satisfaction. African Journal of Medical and Healh Science, 12(2), 87–90.

IT RSPN Unsyiah. (2018). Rumah Sakit Prince Nayef Bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala. Retrieved April 9, 2019, from http://www.rspn.unsyiah.ac.id/

Kurniawan, Aditya. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Tingkat Iv Slamet Riyadi Surakarta. Infokes, 7(1), 43–50.

Kamil, H. (2010). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di RSUDZA Banda Aceh.

Kurniawan, Arif, & Intiasari, A. D. (2012). Pengaruh Karakteristik Pasien terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat tentang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Banyumas. Jurnal Kesmasindo, 5.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Jorunal of Retailing, 64(January), 12–40. https://doi.org/10.1016/S0148-2963(99)00084-3

Septikasari, M. (2018). Upaya Peningkatan Peran Serta Kelompok Pkk Dalam Pencegahan Penyakit Tidak Menular. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat), 6(24), 336–344.

Suryawati, C. (2004). Kepuasan Pasien Rumah Sakit (Tinjauan Teoritis Dan Penerapannya Pada Penelitian). JMPK, 7(4).

Susanti, L., & Achmad, E. K. (2018). Systematic Review: Kepuasan Pasien Gagal Ginjal Terhadap Pelayanan Di Unit Hemodialisis Systematic. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat), 6, 345–352.

Utami, Y. T. (2018). Pengaruh Karakteristik Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Uptd Puskesmas Penumping Surakarta. Infokes, 8(1), 57–65.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id