GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT DI RUMAH SAKIT DI BANDA ACEH

ridha muzaiyanah, Putri Mayasari

Abstract


Perawat menjadi sumber daya manusia yang penting dalam pelayanan kesehatan dan yang paling sering berinteraksi dengan pasien, perawat harus memiliki perilaku caring yang baik dalam melaksanakan tindakan keperawatan yang dapat membantu proses penyembuhan dan meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku caring perawat di Rumah Sakit Prince Nayef bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian merupakan kuantitatif, descriptive ekslopratif dengan desain cross sectional study, teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling dengan jumlah sampel 30 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner Caring Behavior Inventory (CBI) oleh Watson dengan 42 pernyataan yang diukur berdasarkan persepsi perawat. Hasil penelitian dari persepsi perawat menunjukkan bahwa 28 perawat (93,3%) memiliki perilaku caring yang tinggi. Diharapkan agar perawat dapat meningkatkan pengetahuan terkait perilaku caring karena akan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan pasien sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.

Full Text:

PDF

References


Alshammari, F., Hernandez, J. P. T., & Gonzales, F. M. (2018). Caring behavior in the intensive care unit: an instrument development and validation. International Journal of Advance and Applied Sciences. 5(6), 45-49

Desima, R. (2013). Tingkat stres kerja perawat dengan perilaku caring perawat. Jurnal Keperawatan. 4(1), 43-55

Fatoni, I. (2018). Hubungan caring perawat dengan tingkat kecemasan pada anak yang hospitalisasi di RSUD Dr. Soedirman Mangun Sumarso Wonogiri. Skripsi. FIK, Universitas Muhammadiyah Surakarta. diakses 31 Juli

Hastono, S. P. (2017). Analisis data pada bidang kesehatan. Depok: Rajawali Pers

Ikafah., & Harniah. (2017). Perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap private care centre RSUP DR Wahidin Sudirohusodo Makassar. Journal Keperawatan. 8(2), 138-146

Kalsum, U. (2016). Hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di ruang perawatan teratai rumah sakit umum pusat fatmawati. Skripsi. FKIK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. diakses 1 Agustus 2019

Kozier, B., Erb, Berman., Snyder. (2010). Buku ajar fundamental keperawatan: konsep, proses, dan praktik (7th ed). Jakarta: EGC

Martauli, V., & Afifah, E. (2014). Gambaran perilaku caring perawat di ruang rawat inap bedah dan penyakit dalam rumah sakit “T”. Skripsi. FIK, Universitas Indonesia. diakses 15 Juni 2019

Mayasari, P., Hatthakit, U., & Thianchanya, P. (2013). Meaning and expressions of caring among nurses in clinical workplace: A literature review. Nurse Media Journal of Nursing. 3(1), 527-539

Respati, R. D. (2012). Studi diskriptif perilaku caring perawat berdasarkan ruang rawat inap. Skripsi. FIK, Universitas Indonesia. diakses 3 April 2019

Rozalina, A. (2017). Gambaran perilaku caring perawat pelaksana di ruang bedah RSUD Panembahan Senopati Bantul. Skripsi. PSIK, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jendral Achmad Yani Yogyakarta. diakses 3 Agustus 2019

Setiawan. (2014). Caring: A concept analysis. Idea Nursing Journal, 5(2), 6-11

Watson, J. (2009). Caring as the essence and science of nursing and health care. O Mundo Da Saude Sao Paulo. 33(2), 143-149

WHO. (2018). Retrieved from http://www.who.int/hospitals/en/. diakses 20 Januari 2019

Wijaya, D. (2014). Model strategi switching barriers untuk loyalitas pasien berbasis perilaku caring perawat. Jurnal Keperawatan Sudirman (The Soedirman Journal of Nursing). 9(2), 72-85


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id