Efektivitas Parabahasa Mahasiswa Asal Aceh Utara Dalam Penafsiran Pesan Mahasiswa Aceh Selatan, Effectiveness Of Students From North Aceh In Interpretation Of Student Messages From South Aceh

Yuni Darsima, Ade Irma

Abstract


ABSTRAK

Parabahasa atau vokalika mengacu pada aspek-aspek suara selain ucapan yang dapat difahami seperti kecepatan berbicara, nada (tinggi-rendah), intensitas (volume), suara, intonasi, dialek, bunyi dan sebagainya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui efektivitas parabahasa mahasiswa asal Aceh Utara dalam penafsiran pesan mahasiswa Asal Aceh Selatan di Gampong Limpok. Penelitian ini menggunakan teori Penetrasi Sosial Irwin Altman dan Dalmas Taylor. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Subjek penelitian ini ialah 9 mahasiswa asal Aceh Utara, dengan objek kajiannya efektivitas parabahasa mahasiswa asal Aceh Selatan dalam penafsiran pesan mahasiswa asal Aceh Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa parabahasa mahasiswa asal Aceh Utara dalam penafsiran pesan mahasiswa asal Aceh Selatan sudah tergolong efektif, jika dilihat dari nada pesan yang disampaikan, Volume suara pesan yang disampaikan, kecepatan berbicara dalam berkomunikasi serta bunyi kosa kata tertentu yang masih terdengar jelas berlogat Aceh Selatan. Efektifnya parabahasa mahasiswa asal Aceh Utara dalam penafsiran pesan mahasiswa asal Aceh Selatan ini dipengaruhi oleh faktor situasi dan kondisi yang dialami oleh komunikator, jika suasana yang dihadapai oleh mahasiswa asal Aceh Selatan tegang atau dalam keadaan marah, maka nada, volume, dan kecepatan penyampaian pesan komunikasi cenderung tinggi, begitu juga sebaliknya jika situasi dan kondisi yang sedang dialami ialah sedih atau kecewa, maka nada dalam penyampaian pesan pun cenderung rendah.

Kata Kunci: Efektivitas, Parabahasa, Mahasiswa, Penafsiran Pesan.

ABSTRACT

Paralanguage or vocalic refers to non-lexical aspects which can be comprehended as speaking pace, pitch (high-low), intensity (volume), vocal, intonation, dialect, sound, and so forth. Thus the aim of this study is to identify the effectiveness of paralanguage of Aceh Utara-originated students in interpreting messages from Aceh Selatan-originated students in Gampong Limpok. The theory of Social Penetration by Irwin Altman and Dalmas Taylor was used in this study.  The study method was qualitative in nature with descriptive-type of research. The subjects of this study were 9 Aceh Utara-originated students, with the paralanguage effectiveness of Aceh Utara-originated students in interpreting messages from Aceh Selatan-originated students as the study object. Data collecting technique was carried through interview and observation. The result of this study signifies that the paralanguage of Aceh Utara-originated students in interpreting messages from Aceh Selatan-originated students has been considered as effective, if evaluated by the message pitch conveyed, vocal volume of the message conveyed, speaking pace in communicating, as well as clear local accent of Aceh Selatan, heard in certain lexical units. The effectiveness of the paralanguage of Aceh Utara-originated students in interpreting messages from Aceh Selatan-originated students was influenced by situation and condition factors that experienced by the speakers, if the Aceh Selatan-originated students are in nervous or in angry state, thus the pitch, volume and speaking pace are generally high, and if the situation and condition is in sad or disappointing state, thus the pitch in message delivery is generally low.

Keywords: Effectiveness, Paralanguage, Students, Message Interpretation.


Keywords


Efektivitas, Parabahasa, Mahasiswa, Penafsiran Pesan,Effectiveness, Paralanguage, Students, Message Interpretation

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia