STRATEGI PEMENANGAN PARTAI HANURA PADA PEMILU LEGISLATIF DI ACEH BARAT DAYA TAHUN 2014

Puja Dias Chandra Octanto, Ubaidullah Ubaidullah

Abstract


ABSTRAK

Partai Hanura (Hati Nurani Rakyat) adalah salah satu partai baru yang mampu bertahan di tengah kerasnya persaingan dengan partai-partai besar lainnya dalam proses pemilihan Legislatif pada tahun 2014 di Indonesia. Di Kabupaten Aceh Barat Daya Partai Hanura meraih suara 1,47% dari total suara dengan 3 (tiga) daerah pemilihan (dapil). Perolehan suara tersebut tidak lepas dari strategi dan faktor pendukung yang dilakukan oleh Partai Hanura sehingga mampu mendapatkan dua kursi di DPRK (Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten) Aceh Barat Daya di tengah-tengah pandangan buruk dari masyarakat terhadap Partai Hanura setelah masuknya Hary Tanoesoedibjo ke dalam Hanura, yang memiliki image kurang baik menurut pandangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemenangan dan faktor-faktor pendukung pemenangan dalam pemilihan legislatif di Kabupaten Aceh Barat Daya tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu ke lapangan  dan kajian pustaka. Studi lapangan untuk memperoleh data primer yang dilakukan dengan tehnik wawancara. Sedangkan kajian pustaka untuk memperoleh data sekunder yaitu buku-buku dan bacaan terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa strategi yang dilakukan oleh Partai Hanura beserta Anggota Legislatif terpilih yaitu: membangun komunikasi politik, rekruitmen yang profesional, kampanye gerakan beramal tanpa atribut dan sebagainya. Adapun yang menjadi faktor-faktor pendukung dalam pemenangan Partai Hanura pada pemilihan Legislatif yaitu: sosok tokoh muda yang ada di Partai Hanura dan sayap partai sebagai motor penggerak. Disarankan kepada Partai Hanura untuk tetap menjaga komunikasi politik yang telah dibangun demi merubah pola pikir masyarakat Aceh Barat Daya menjadi masyarakat cerdas politik dan juga meningkatkan kampanye kreatif untuk strategi mendatang pada pemilihan legislatif tahun 2019 di Kabupaten Aceh Barat Daya.

Kata Kunci : Strategi, Politik, Partai, Hanura, Pemilu, Legislatif, 2014

 

ABSTRACK

HANURA PARTY WINNING STRATEGY TO LEGISLATIVE ELECTION IN SOUTHWEST ACEH REGENCY 2014.

 Hanura Party (People's Conscience Party) is one of the new parties that survived in the midst of competition with other major parties in the Indonesian legislative election back in 2014. In Southwest Aceh (Aceh Barat Daya), Hanura Party won 1.47% of the total votes with 3 (three) electoral districts. This success can not be separated from the strategies and support factors made by the Hanura Party so as to be able to get two seats in the DPRK (District House of Representatives) of Southwest Aceh, in the midst of a bad view of the community against the Hanura Party after the entry of Hary Tanoesoedibjo who has the bad image in the eyes of the local people. The purpose of this study is the winning strategy and supporting factors of winning in legislative election in Regency of Southwest Aceh in 2014. The method used in this research is descriptive qualitative method. Collecting data techniques in this research is research into the field and library research. Field study to obtain primary data conducted by interview, while the library research to obtain secondary data that is books and related reads. The results of this study indicate that there are several strategies undertaken by the Hanura Party and the elected Legislative Member are: building political communication, professional recruitment, charity movement campaigns without attributes and so on. As for the supporting factors in the winning of the Hanura Party in the Legislative election are: the figure of a young figure in the Hanura Party and the party wing as a driving force. It is advisable to the Hanura Party to keep the political communication that has been built in order to change the mindset of the people of Southwest Aceh into a political intelligent community and also to increase the creative campaign for the upcoming strategy in legislative elections in 2019 in Southwest Aceh.

Keywords : Strategy, Politics, Hanura, Party, Election, Legislative, 2014


Keywords


Strategi, Politik, Partai, Hanura, Pemilu, Legislatif, 2014

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia