REFLEKSI FENOMENA GAYA HIDUP HEDONISME PADA AKUN INSTAGRAM(STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNISUNIVERSITAS SYIAH KUALA)

maulana alnazry

Abstract


ABSTRAK Perkembangan teknologi komunikasi semakin pesat dengan munculnya media baru. Media sosial menjadi sarana populer untuk melakukan komunikasi diantara individu-individu. Hal ini menjadi peluang masuknya paham asing yaitu paham hedonisme atau gaya hidup yang menampilkan kemewahan. Saat ini media sosial yang dianggap dinamis karena dapat menyesuaikan kebutuhan para user-nya adalah Instagram. Instagram saat ini memiliki fitur baru yaitu Live dan Insta Story yang menampilkan aktivitas penggunanya. Instagram menjadi orientasi baru bagi para remaja untuk mengabadikan gaya hidupnya dan mengunggahnya ke Instagram. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana refleksi gaya hidup hedonisme pada akun Instagram mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori atribusi dan teori ketergantungan media. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kuala memiliki kecenderungan untuk menampilkan gaya hidupnya di akun Instagram dengan memenuhi 3 aspek gaya hidup hedonis, yaitu aktivitas, minat dan opini. Fashion menjadi minat utama mahasiswa saat menampilkan gaya hidup dirinya di media sosial Instagram. Kata Kunci:Gaya Hidup Hedonisme,Instagram, Mahasiswa

 

ABSTRACT The development of communication technology is increasing rapidly with the emergence of new media. Social media has become a popular means of communication between individuals. This becomes an opportunity for entry of foreign understand that hedonism or lifestyle that displays luxury. Currently social media are considered dynamic because it can adjust the needs of its users is Instagram. Instagram currently has a new feature that is Live and Insta Story that show the user activity. Instagram becomes a new orientation for teenagers to immortalize their lifestyle and upload it to Instagram. The purpose of this research is to know how the reflection of hedonism lifestyle on Instagram account of Syiah Kuala University Faculty of Economics and Business students. The theory used in this research is attribution theory and media dependency theory. This research is a qualitative research with descriptive research type. This research uses data collecting technique that is interview, observation and documentation study. The result of this research is the students of Faculty of Economics and Business of Syiah Kuala University have tendency to display their lifestyle in Instagram account by fulfilling 3 aspects of hedonic lifestyle, that is activity, interest and opinion. Fashion became the student's primary interest while presenting their lifestyle in social media Instagram. Keywords : Hedonism Lifestyle, Instagram, Student


Keywords


Hedonism Lifestyle, Instagram, Student

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia