POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) ULEE KARENG BANDA ACEH

Asyuqah Asyuqah

Abstract


Pola komunikasi interpersonal guru dalam proses belajar mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi yang terjadi antara guru dan siswa berkebutuhan khusus di dalam kegiatan belajar mengajar. Komunikasi interpersonal dapat menciptakan keakraban dan kedekatan antara guru dan siswa di kelas, karena dengan hubungan yang akrab, maka proses  belajar mengajar akan berjalan dengan lebih lancar. Pada penelitian ini akan membahas dan menganalisis komunikasi interpersonal yang terjalin di dalam kelas SLB Ulee Kareng.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka pola komunikasi yang diterapkan guru dalam proses belajar mengajar di SLB Bukesra Ulee Kareng. Pola komunikasi yang guru gunakan merupakan pola komunikasi satu arah dan pola komunikasi dua arah. Pola komunikasi satu arah lebih cenderung sering digunakan. karena pola komunikasi tersebut adalah pola komunikasi yang lebih menunjang proses belajar antara guru dengan siswa. Pola komunikasi satu arah merupakan pola komunikasi yang terjadi antara guru dengan siswa SLB Bukesra Ulee Kareng, dimana hanya guru yang menyampaikan sementara siswa hanya menerima, tanpa respon ataupun timbal balik dari siswa ke guru. Sedangkan pola komunikasi dua arah ialah dimana antara guru dan siswa saling berinteraksi, tetapi antara siswa dengan siswa lain tidak ada terjadinya komunikasi atau interaksi.

Pola Komunikasi, Guru, Siswa, SLB Bukesra.

pattern that occurs between teachers with SLB Bukesra Ulee Kareng students, where only teachers who deliver while students only accept, without response or reciprocity from student to teacher Interpersonal communication pattern of teachers in teaching and learning process at Special School (SLB) Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. The purpose of this study is to find out how the communication that occurs between teachers and students with special needs in teaching and learning activities. Interpersonal communication can create intimacy and closeness between teachers and students in the classroom, because with a close relationship, the learning process will run more smoothly. In this study will discuss and analyze interpersonal communication that is intertwined in the class SLB Ulee Kareng. Based on the results of research and discussion that has been described then the communication patterns applied by teachers in teaching and learning process at SLB Bukesra Ulee Kareng. The communication patterns that teachers use are one-way communication patterns and two-way communication patterns. One-way communication patterns are more likely to be used. because the communication pattern is a pattern of communication that support the learning process between teachers and students. One way communication pattern is a communication. While the pattern of two-way communication is where between teachers and students interact, but between students with other students there is no occurrence of communication or interaction.

Keywords: Communication Pattern, Teacher, Student, SLB Bukesra.


Keywords


Keyword Pola Komunikasi, Guru, Siswa, SLB Bukesra.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia