STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BUTAR ACEH SINGKIL

lukman Lukman, Amsal Amri

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Butar Aceh Singkil” yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan guru kelas IV kepada siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa dan untuk mengetahui kendala komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan meningkatkan keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan teori analisis trasaksional dengan pendekatan interaksi sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV di SD Negeri Butar Aceh Singkil. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan berupa komunikasi langsung secara tatap muka antara guru dengan siswa dan pendekatan individual, komunikasi secara persuasif, pemberian nasehat, dan motivasi serta jam tambahan kepada siswa, metode SAS (Struktural  Analitik Sintetik). Bentuk komunikasi interpersonal yang digunakan berupa komunikasi persuasife, bimbingan belajar membaca terhadap siswa. Strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan memiliki kendala, yaitu sikap siswa yang masih malu-malu dan takut untuk mengutarakan kesulitan yang dialaminya, lambatnya pemahaman siswa. Kurangya sarana dan prasarana yang digunakan dalam proses belajar mengajar.

Interpersonal Communication Strategy of teachers in Improving the reading skill of fourth grade Students of SD Negeri Butar Aceh Singkil

ABSTRAC

   This research entitled "Interpersonal Communication Strategies of Teachers in Improving Reading Skills in the fourth grade students of SD Negeri Butar Aceh Singkil" which aims to know the interpersonal communication strategy applied by the fourth grade teacher in improving students' reading skill, knowing the interpersonal communication form between teacher and student in improving reading skills, and knowing the inhibiting factors and supporting the teacher's interpersonal communication in improving reading skills. This study uses the theory of interpersonal communication with social interaction approach. The method used in this research is descriptive qualitative approach. The object of this research is teacher interpersonal communication strategy in improving students' reading skill. While the subject in this study is the fourth grade teacher and fourth grader at SD Negeri Butar Aceh Singkil. Data collection techniques in this study using observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that interpersonal communication strategy applied in the form of personal interpersonal communication face to face to students and individual approach, persuasive communication, giving advice, motivation and additional hours to students, SAS method (Structural Analytic Synthetic). Form of interpersonal communication used in the form of communication interrogation guidance learn to read to students. The interpersonal communication strategy applied has inhibiting factors, the attitude of the students who are still shy and afraid to express the difficulties they experienced, the slow understanding of students and the low interest in reading students. The lack of facilities and infrastructure used in teaching and learning process.

 



Keywords


Keywords: Interpersonal, Communication Strategy, Teachers, Students, Reading Skills ;Kata kunci : Strategi, Komunikasi Interpersonal, Guru dan Siswa, Keterampilan, Membaca.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia