Aktualisasi Diri Mahasiswa Melalui Media Sosial Snapchat

mufid marthawijaya syaeful, Ade Irma, B. H. Sc., M. A. Ade Irma Irma

Abstract


ABSTRAK - Penelitian ini berjudul Aktualisasi Diri Mahasiswa Melalui Media Sosial Snapchat (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah aktualisasi diri mahasiswa ekonomi dan bisnis unsyiah pada media sosial snapchat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori aktualisasi diri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi awal, wawancara semi berstruktur dan foto dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi diri pada media sosial snapchat yang dilakukan oleh mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis unsyiah adalah dalam bentuk postingan video maupun foto di snapchat, dan aktualisasi itu menjadi kebuthan dan kepuasan terhadap diri mereka dengan menggunakan snapchat. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dengan menggunakan snapchat adalah untuk kebutuhan eksistensi para mahasiswa fakultas ekonomi dan bsinis unsyiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktualisasi diri yang dilakukan oleh mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Unsyiah pada media sosial snapchat telah dijadikan sebagai pola hidup mereka sehari-hari dengan mengakses snapchat. Selanjutnya semua informan penelitian yang di wawancarai merasa nyaman dengan aktualisasi diri yang mereka lakukan pada media sosial snapchat.

Kata Kunci:   Komunikasi massa, Aktualisasi Diri, Media Sosial.

Self-actualization of students through social media snapchats (studies on faculty of economics and business students Unsyiah

Abstract - This research entitled Self Actualization of Students Through Social Media Snapchat (Study On Student Faculty of Economics and Business Unsyiah). The purpose of this study is to find out how self-actualization student economy and business unsyiah on social media snapchat. The approach used in this research is descriptive qualitative method. The theory used in this research is self-actualization theory. Data collection techniques in this research are early observation, semi-structured interview and documentation photo. The results showed that self-actualization on social media snapchat conducted by students faculty of economics and business unsyiah is in the form of video and photo post in snapchat, and the actualization becomes kebuthan and satisfaction to themselves by using snapchat. The results also show that by using snapchat is for the needs of the existence of the students faculty of economics and bsinis unsyiah. The results showed that self-actualization conducted by Unsyiah faculty of economics and business students on social media snapchat has been used as their daily life pattern by accessing snapchat. Furthermore, all informants of research interviewed felt comfortable with self-actualization they did on social media snapchat.

Keywords:

Mass Communication, Self-Actualization, Social Media.



Keywords


komunikasi massa, aktualisasi diri, media sosial

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia