Strategi Pemasaran Politik Pasangan H. Muhmmad Amru-Said Sani Dalam Memenangkan Pilkada Serentak 2017 Di Kabupaten Gayo Lues

Syamsul Bahri G, Radhi Darmansyah M.Sc

Abstract


STRATEGI PEMASARAN POLITIK PASANGAN H. MUHAMMAD AMRU-SAID SANI DALAM MEMENANGKAN PILKADA SERENTAK 2017 DI KABUPATEN GAYO LUES

Syamsul Bahri G

(bahry94ms@gmail.com,e.rxdhi@gmail.com)

Program Studi Ilmu Politik, FISIP, Universitas Syiah Kuala

ABSTRAK

Strategi pemasaran politik merupakan suatu cara yang dilakukan H. Muhmmad Amru-Said Sani untuk meraih dukungan masyarakat, strategi politik yang dilakukan adalah pengenalan tokoh sebagai pencitraan awal dalam menyusun visi-misi. Program-program yang dijual kepada masyarakat, seperti menegakkan syariat islam, Kartu Gayo Lues Pintar, Gayo Lues Sehat, Gayo Lues Sejahtera, dalam meraih dukungan masyarakat. H. Muhammad Amru-Said Sani melakukan strategi pemasaran politik yang termanajemen dengan baik oleh partai pendukung dan  tim suksesnya. Pada tahapan kampanye H. Muhammad Amru-Said Sani terjadi persaingan yang sangat ketat karena masing-masing kubu memiliki massa pendukung yang kuat dan solid. Hal tersebut yang menjadi fokus penelitian tentang bagaimana proses pemasaran politik yang dilakukan H. Muhammad Amru-Said Sani dan faktor yang mempengaruhi kemenangan pada pilkada serentak 2017 di Kabupaten Gayo Lues.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran politik yang dilakukan pasangan H. Muhammad Amru dan Said Sani dalam memenangkan pilkada serentak di Kabupaten Gayo Lues 2017 dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemenangan tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu. Penelitian lapangan dilakukan untuk memperoleh data primer dengan wawancara dan observasi partisipan. Sedangkan penelitian kepustakaan untuk memperoleh data sekunder berdasarkan buku-buku dan bacaan terkait.

Hasil penelitian ini menunjukkan strategi pemasaran politik pasangan H. Muhammad Amru-Said Sani pada pilkada serentak 2017 di Kabupaten Gayo Lues, diantaranya ialah branding yang diciptkan pencitraan  (figur dan ketokohan) yang dekat dengan rakyat. Positioning pemasaran produk politik unggulan oleh tim sukses dan relawan secara langsung kepada kelompok masyarakat. Media digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan politik pada masa kampanye. Faktor yang mempengaruhi kemenangan H. Muhmmad Amru-Said Sani adalah bersatunya partai pendukung sebagai modal utama untuk memenangkan pilkada serentak tahun 2017 di Kabupaten Gayo Lues. Mengehentikan politik dinasti, dan memiliki visi dan misi, program unggulan yang dekat dengan rakyat.

Dari beberapa faktor inilah sehingga kemenangan bisa terwujud Diharapkan kepada pasangan ini, tim pemenangan, serta pihak yang ikut terlibat agar mampu menjalankan dan mendengarkan suara dan harapan rakyat.

 

Kata Kunci: Strategi, Pemasaran Politik, Pilkada, Calon Bupati dan Wakil Bupati

POLITICAL MARKETING DEPLOYED BY H. MUHAMMAD AMRU-SAID SANI TO WIN THE REGIONAL ELECTION IN GAYO LUES REGENCY IN 2017

ABSTRACT

Political marketing strategy is a way of H. Muhmmad Amru-Said Sani to gain public support, political strategy is the introduction of figures as the initial image in preparing the vision-mission. Programs sold to the public, such as enforcing Islamic Shari'a, Gayo Lues Pintar Card, Gayo Lues healthy, Gayo Lues prosperous, in gaining public support. H. Muhammad Amru-Said Sani undertook a well-managed political marketing strategy by his support party and success team. At the stage of the campaign H. Muhammad Amru-Said Sani competition occurs very tight because each stronghold has a strong supporters and solid. This is the focus of research on how the political marketing process conducted H. Muhammad Amru-Said Sani and factors that affect the victory in 2017 simultaneous elections in Gayo Lues District.

            The purpose of this study is to find out how the political marketing strategy conducted by the couple H. Muhammad Amru and Said Sani in winning elections simultaneously in Gayo Lues District 2017 and what factors affect the victory.

            The method used in this research is qualitative descriptive. Data collection techniques used are. Field research was conducted to obtain primary data by interview and participant observation. While bibliography research to obtain secondary data based on books and related reading.

            The results of this study show the political marketing strategy of the couple H. Muhammad Amru-Said Sani on 2017 simultaneous elections in Gayo Lues District, among which is the branding that created imaging (figures and personality) close to the people. Positioning the marketing of leading political products by successful teams and volunteers directly to community groups. The media used to convey political messages during the campaign period. Factors affecting the victory of H. Muhmmad Amru-Said Sani is the unity of the support party as the main capital to win elections simultaneously in 2017 in Gayo Lues. District. Stopping dynastic politics, and having a vision and mission, a flagship program that is close to the people. It is from some of these factors that victory can come true. It is hoped that this couple, the winning team, and the parties involved will be able to run and listen to the voice and hope of the people.

Keywords: Strategy, Political Marketing, Regional Election, Candidates.


Keywords


Kata Kunci

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia