STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ASURANSI JIWA BUMIPUTERA 1912 CABANG BANDA ACEH DALAM MENARIK MINAT NASABAH

Muhammad Ismail Mirza, Mahyuzar Mahyuzar

Abstract


ABSTRAK – Penelitian  ini  berjudul  Strategi  Komunikasi  Pemasaran Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 cabang Banda Aceh dalam Menarik Nasabah. Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah pada strategi komunikasi pemasaran khususnya pada model komunikasi  massa dalam menarik minat nasabah. Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912  cabang Banda aceh dalam menarik minat nasabah. Teori yang digunakan adalah Teori Model AIDDA, dimana dalam penggunaannya AIDDA adalah akronim dari kata-kata Attention (perhatian), Interest (minat atau ketertarikan), Desire (hasrat), Descision (keputusan) dan Action (tindakan/kegiatan). Teori ini adalah salah satu teori yang menggambarkan proses terbentuknya suatu minat dan terjadinya tindakan sebagai efek dari hal komunikatif yang menarik. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara terstruktur dan studi dokumentasi. Subjek informan dalam penelitian mengambil teknik purposif. Berdasarkan hasil wawancara terhadap informan diketahui bahwa strategi pemasaran perusahaan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 cabang Banda aceh dilakukan menggunakan system mix promotion yang terdiri dari empat komponen utama yaitu periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), penjualan tatap muka (personal selling) dan publisitas (publicity). Penelitian ini menunjukan bahwa proses dari penggunaan sistem mix promotion merupakan awal dari penentuan Model AIDDA kemudian dari hasil akhir model  adalah nasabah akan mengikuti tindakan yaitu bergabung dalam asuransi tersebut atau tidak.

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 cabang Banda Aceh, Teori Model AIDDA

Marketing Communication Strategy of Bumiputera 1912 Life Insurance of Banda Aceh branch in Attracting Customers

ABSTRACT

This study is entitled Marketing Communication Strategy of Bumiputera 1912 Life Insurance of Banda Aceh branch in Attracting Customers. The problem of the study was rooted from marketing communication strategy especially on mass communication model in attracting customers. This study aims at finding out the marketing communication strategy used by Bumiputera 1912 Life Insurance, Banda Aceh, in attracting customers. To investigate the extent Bumiputera 1912 Life Insurance, Banda Aceh branch, this study used AIDDA Model Theory which stands for Attention (interest), Interest, Desire, Decision and Action. This theory describes the process of the formation of an interest and the occurrence of action as the effect of an interesting communication. Descriptive qualitative method with descriptive research type was employed by this study. The data collection techniques are structured interviews and documentation studies. Purposive sampling was used to draw the informants. Based on the results of the interviews with the informants, this study has found out that the marketing strategy of the Joint Life Insurance company Bumiputera 1912 Banda Aceh uses mix promotion system consisting of four main components namely advertising, sales promotion, sales face to face (personal selling) and publicity. The result also shows that the process of using mix promotion system is the beginning of AIDDA Model determination; and then from the end of the model, the customers will follow the action of joining the insurance or not.

 

Keywords: Marketing Communication, Bumiputera 1912 Life Insurance branch of Banda Aceh, AIDDA Model Theory


Keywords


Komunikasi Pemasaran;Marketing Communication,Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 cabang Banda Aceh;, Bumiputera 1912 Life Insurance branch of Banda Aceh, AIDDA Model Theory;Teori Model AIDDA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia