PEMILIH PEMULA TERHADAP IKLAN POLITIK CALON GUBERNUR DAN CALON WAKIL GUBERNUR IRWANDI – NOVA

Muhammad Iqbal, Dr. Hamdani M Syam, M.A.

Abstract


ABSTRAK

“Persepsi Pemilih Pemula Terhadap Iklan Politik Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Irwandi-Nova Pada Pilkada Aceh 2017”. Latar belakang dari penelitian ini adalah banyaknya media iklan luar ruang yang dimanfaatkan sebagai alat promosi, media luar ruang saat ini tidak hanya mempromosikan produk barang dan jasa, namun disaat tertentu sesuai dengan momen yang sedang terjadi seperti halnya saat ini sedang Pilkada. Hal ini sudah seperti sebuah fenomena yang biasanya muncul ketika mendekati pesta demokrasi. Oleh karena itu fenomena ini sangat menarik untuk diangkat dalam sebuah karya ilmiah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori S-O-R. Yang menjadi subjek penelitian adalah pemilih pemula sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah iklan politik pada spanduk Irwandi-Nova. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis data dengan cara wawancara kepada informan yang memenuhi kriteria. Hasil dari penelitian ini di bagi kedalam tiga pembahasan, pertama, tingkat kesadaran politik pemilih pemula dalam pilkada Aceh 2017. Kedua, pemahaman pemilih pemula terhadap media iklan spanduk dan iklan politik. Ketiga, persepsi pemilih pemula terhadap iklan politik Irwandi-Nova. Dari ketiga pembahasan ini peneliti mendapatkan hasil penelitian bahwa Sikap atau perilaku dapat berubah hanya apabila stimulus (rangsangan) yang diberikan benar-benar melebihi dari stimulus semula. Stimulus yang dapat melebihi stimulus semula ini berarti stimulus yang diberikan harus dapat meyakinkan organisme (pemilih pemula). Dari penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa stimulus yang disampaikan melalui iklan spanduk oleh pasangan Irwandi-Nova dapat mempengaruhi dan stimulusnya melebihi dari stimulus yang sebelumnya diterima oleh informan.

Kata Kunci: Persepsi, Iklan Politik, Pemilih Pemula

BEGINNERS VOTERS ON POLITICAL ADVERTISEMENT OF GOVERNOR AND VICE GOVERNOR CANDIDATES IRWANDI - NOVA

ABSTRACT

"Perception of Beginning Voters to Political Advertising Candidate Candidate and Candidate Vice Governor Irwandi-Nova At Pilkada Aceh 2017". The background of this research is the number of outdoor advertising media that is used as a promotional tool, the outdoor media nowadays not only promote the products of goods and services, but at certain times according to the moment that is happening as it is currently being elections. This is like a phenomenon that usually arises when approaching the democratic party. Therefore this phenomenon is very interesting to be appointed in a scientific work. This research uses qualitative descriptive method with S-O-R theory. The subject of research is the beginner selector while the object of research is political advertisement on banner Irwandi-Nova. This study uses data analysis techniques by interviewing to informants who meet the criteria. The results of this study are divided into three discussions, firstly, the level of political awareness of beginning voters in Aceh elections in 2017. Second, the understanding of novice voters on media advertising banners and political advertisements. Third, the perception of novice voters on the political ads of Irwandi-Nova. From these three discussions the researcher gets the result that the attitude or behavior can change only if the stimulus that has been given really exceeds the original stimulus. Stimulus that can exceed this initial stimulus means that the stimulus given should be able to convince the organism (beginner voter). From this study, concluded that the stimulus delivered through banner ads by Irwandi-Nova pairs can affect and exceed the stimulus previously received by the informant.

Keywords: Perception, Political Advertising, Beginner Voters


Keywords


keyword;kata kunci

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia