KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGAJAR DENGAN ANAK PENYANDANG AUTISME

Zul Fikri, Drs. Martunis Yahya, M.Si

Abstract


 

Penelitian ini berjudul Komunikasi Interpersonal Pengajar dengan Anak Penyandang Autisme; Studi Kasus pada Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Aceh Desa Santan Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui proses komunikasi interpersonal pengajar dengan anak autis di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC), dan untuk mengetahui hambatan yang dialami oleh pengajar dalam berkomunikasi dengan siswa penyandang autis, serta untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh pengajar dalam mengatasi hambatan komunikasi yang terjadi dalam proses mendidik anak penyandang autisme.

Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang hasil penelitian atau pembahasan didalamnya yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang atau prilaku yang diteliti, pada akhirnya uraiannya disajikan dalam bentuk naratif (karangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah 2 orang guru yang mengajar pada anak atau siswa autis.

Hasil penelitian, proses komunikasi interpersonal pengajar dengan anak autis di YPAC Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar secara teknis memliliki metode khusus menurut keadaan anak, sifat dan latar belakang autis, secara umum lebih cenderung menggunakan media gambar  dan alat peraga untuk menarik minat, motivasi anak. Di samping itu menggunakan metode bernyanyi dan bermain meskipun masih rendah dilakukan. Hambatan yang dialami guru dalam berkomunikasi dengan siswa autis antara lain, belum idealnya jumlah pengajar dengan jumlah siswa, rendahnya dukungan keluarga, rendahnya keinginan anak autis untuk bersekolah dan bedanya kesepahaman dalam memahami pendidikan anak autis. Sementara itu, upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan komunikasi dalam proses mendidik anak autis, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendidik anak autis, bersikap penuh kesabaran dalam proses belajar mengajar, memahami karakter anak saat mendidik dan menggunakan media-media gambar dalam proses belajar mengajar serta bahan-bahan yang singkat dan jelas sehingga mudah dipahami oleh siswa autis.

 

Kata kunci: komunikasi interpersonal, pengajar, siswa autis

 title: titled Interpersonal communication between teachers and children with autism

Abstrat: 

This research titled Interpersonal communication between teachers and children with autism; A case study at Yayasan pembina anak cacat (YPAC) Aceh Desa Santan kecamatan ingin jaya kabupaten aceh besar. The purpose of this research is to know the process of interpersonal communiation between teacher and children with autism in yayasan pembina anak cacat (YPAC), and the difficulties that involved by the teacher in communicated with them, also to know thw effort undertaken by the teacher in overcoming communication barrier that occured in the process of educating them.

To get the data, the researcher use d qualitative approach with the result of research or discussion in it that produced descriptive data in the form of written or oral words of the person or behavior under study, at the end description is presented in the form of narrative (essay). The techniques of collecting data used observation, interview and documentation. The subject of this research is two teachers that teach autistic students.

The result of this research indicated the rocess interpersonal  communication between teacher and children with autism at YPAC kecamatan ingin jaya kabupaten aceh besar technically have different method from others based on student’s condition, nature and background of autism, however in general communication more likely to use media such as picture and props to attract interest, motivation of students in communicating interpersonally.  Besided, using the method of singing and playing though still low done. Obstacles experienced by the teachers in communicating with autistic students in YPAC Ingin jaya aceh besar among others,not ideally yet between number of teachers and students, the low level family support, the low desired of the autistic students to go to school and the low understanding in understanding the education of children with autis. Meanwhile, the efforts that made in eclipsed communication obstacles in the processof educated, increased knowledge and skill in educated, be patient with the learning process, understanding the character of the children while educating and using media picture in teaching-learning process as well as materials that used are short and clear so easily understood by students with autism. 

 

Keywords: Interpersonal Communication, Teacher, Autistic Students


Keywords


Keyword; kata kunci

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia