Strategi Komunikasi Interpersonal Dokter Gigi Muda Dalam Meningkatkan Kepercayaan Pasien (Studi Pada Dokter Gigi Muda dan Pasien RSGM Unsyiah)

Chairunnisa Chairunnisa, Amsal Amri

Abstract


ABSTRAK

Judul dari penelitian ini adalah “Strategi Komunikasi Dokter Gigi Muda Dalam Meningkatkan Kepercayaan Pasien”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal yang akan digunakan dalam meningkatkan kepercayaan pasien. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan mengunakan metode deskripsif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori model kepercayaan kesehatan (Health Belief Model Theory). Subjek dalam penelitian ini adalah dokter gigi muda dan pasien. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur, observasi non participant, dan dokumentasi. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2017 kepada 15 informan dengan kriteria informan yakni merupakan dokter gigi muda, sudah menangani kasus sebanyak 3 bidang, dan merupakan pasien yang telah melakukan perawatan gigi di RSGM Unsyiah. Berdasarkan hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh dokter gigi muda adalah mengenali masyarakat yang akan dirawat, melakukan pendekatan dengan khalayak dan menentukan metode yang akan disampaikan, dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan khalayak dan dapat merubah sikapnya.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Dokter Gigi Muda, Kepercayaan, Pasien.

 

ABSTRACT

The title of this study is “strategy of communication the young dentist in improving patient confidance”. The study aimed to learn the interpersonal communication strategies that will be used in improving patient confidance. This study used a qualitative approach with a descriptive methode. The studyused health belief model theory. The subject of the study were the young dentist and patient. Data were collected through semi-structured interviews, observation non participant, and dokumentation.the samples were drawn throught purposive sampling. The study was conducted in February 2017 to 15 respondent, the criteria is a young dentist has handled the case as much 3 fields. The who patient have perfomed dental treatment in RSGM Unsyiah. The result suggest that the interpersonal communication strategy used by the young dentist is to recognize the community to be treated. Approach with the audience and determine yhe methode to be delivered, and then can build closer relationships with audience and can change attitudes.

Keyword: Strategy of Comunication, Interpersonal Communiaction, A Young Dentist, Trust,Patient.


Keywords


Strategi Komunikasi, Komunikasi Interpersonal; Strategy of Comunication, Interpersonal Communiaction

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia