Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Pengumpulan Zakat Oleh Baitul MAl Aceh

Muhammad Haekal ZG, Amsal Amri

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Stratetgi Komunikasi Pemasaran dalam Pengumpulan Zakat oleh Baitul Mal Aceh”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi apa yang digunakan oleh Baitul Aceh dalam pengumpulan zakat selama ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 11 orang, 7 pegawai Baitul Mal Aceh dan 4 orang yang merupakan muzakki di Baitul Mal Aceh. Sedangkan objek penelitian ini adalah stretegi pemasaran yang di terapkan oleh Baitul Mal Aceh dalam pengumpulan zakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Baitul Mal Aceh telah melakukan kegiatan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dan Bauran Promosi (Promotion Mix) ini dapat dilihat dari empat elemen penting yang telah mereka terapkan selama ini dalam usaha mereka  melakukan kegiatan pemasaran yaitu 4p (product, price, place, dan promotion). Pihak BMA selama ini memasarkan jasanya melalui iklan yang di berbagai media, mulai dari billboard, baliho, radio, TV hingga di media sosial. Bauran  promosi (promotion mix) berupa iklan (advertising), penjualan perorangan (personal selling), promosi penjualan (sales promotion) pemasaran sponsorship (sponsorship marketing), publisitas (publicity) dan yang terakhir adalah dengan cara komunikasi penjualan ditempat pembelian (point of purchase communication). Kegiatan bauran promosi ini lebih aktif dilakukan dengan kegiatan sosialisasi ke instansi, kantor maupun lembaga yang karyawannya masih belum menjadi muzakki tetap disana. Seluruh tahapan teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action) pun telah dijalankan seiring berlangsungnya kegiatan pemasaran dan promosi tersebut. BMA berhasil menstimulus masyarakat untuk menunaikan zakat disana, indikasi keberhasilan ini dapat dilihat dari daftar pemasukan zakat Baitul Mal Aceh yang terus meningkat setiap tahunnya.

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Pemasaran


Communication Marketing Strategic in fundraising Zakat by Baitul Mal Aceh

ABSTRACTS

This research titled is “Communication Marketing Strategic in fundraising Zakat by Baitul Mal Aceh.” The porpouse of this research is to knowing  what kind of  strategical did Baitul Mal Aceh use it. A descriptive qualitative method was used as the research approach. Informant subject in this research involved 11 persons, 7 as employee on Baitul Mal Aceh and 4 more as Muzakki there. The object of this research is communication marketing who applied by Baitul Mal Aceh when during zakat fundraising progress. To collect the data in this research was used interview and documentation studied. This research using AIDDA Theory  (Attention, Interest, Desire, Decision, Action ) to analyze. The result was showed Baitul Mal Aceh is already using Marketing and promotion mix as effort them to marketing activity. It was saw from 4 important element that them using it. The BMA used marketed our services by advertisement on any media’s like billboard, radio, TV and news papper till social media. They also using Promotion Marketing, this one more doing it with socialization to Instance, institute league or office who’s employee was’nt appeared as muzakki’s in Baitul Mal Aceh. Every whole step of AIDDA Theory has been aplied as long as during those marketing and promotion activity. BMA was successful to stimuliation people’s to fulfill zakat there. The indicated of this succeed it saw by increase and engagement of zakat list Baitul Mal Aceh.

Keyword : Strategi, Communication, Marketing

 



Keywords


Strategic, Communication, Marketing ; Strategi, Komunikasi, Pemasaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia