PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI (Studi Pada Orang Tua Di DesaLeuUeDarulImarah, Aceh Besar)

Nurhafifah Nurhafifah

Abstract


PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI

(Studi Pada Orang Tua Di DesaLeuUeDarulImarah, Aceh Besar)

ABSTRAK -Penelitian ini berjudul “Pendekatan Komunikasi Interpersonal Orang Tua dalam Melatih Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini (Studi Pada Ibu Rumah Tangga di Desa Leu Ue Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan komunikasi interpersonal orang tua dalam melatih kecerdasan emosional, serta untuk mengetahui hambatan yang muncul ketika orang tua berkomunikasi dengan anak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model peranan yang memandang hubungan interpersonal sebagai panggung sandiwara, dimana setiap orang harus memainkan perannya sesuai dengan “naskah” yang telah dibuat masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 10 orang ibu rumah tangga yang dipilih berdasarkan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan komunikasi interpersonal yang diterapkan oleh ibu dalam melatih kecerdasan emosional pada anak usia dini berupa pendekatan informatif, dialogis, persuasive dan instruktif. Pendekatan informatif digunakan oleh ibu untuk memberikan pemahaman pada anak. Adapun pendekatan dialogis digunakan ibu untuk mengetahui kebutuhan anak dan apa yang anak inginkan, sedangkan pendekatan persuasif diterapkan oleh ibu saat membujuk anak yang sulit diatur dan mengalami permasalahan terhadap pengeksperesian emosionalnya. Pendekatan terakhir adalah pendekatan intruktif yang ibugunakan untuk menerapkan dan menjalankan aturan yang dibuat guna membentuk kedisiplinan pada anak. Hambatan komunikasi yang muncul ketika ibu melatih kecerdasan emosional pada anak yaitu meliputi perbedaan persepsi dan bahasa, gangguan emosional dan gangguan fisik.

Kata Kunci: Pendekatan Komunikasi Interpersonal, Ibu, Anak Usia Dini, Kecerdasan Emosional

 

“PARENTAL INTERPERSONAL COMMUNICATION APPROACH ON TRAINING THE EMOTIONAL INTELLIGENCE OF EARLY CHILDHOOD

(The Study Upon the Houswife in Desa Leu Ue, Darul Imarah, Aceh Besar)


ABSTRACT -The title of this research is “Parental interpersonal communication approach on training the emotional intelligence of early Childhood ( the study upon the Housewife in Desa Leu Ue, Darul Imarah, Aceh Besar)”. The study is aimed to understand about the Parental interpersonal communication approach on training the emotional intelligence of the children, and this is also aimed to give the understanding on the obstacle which would appear when the parents communicate with their children.The theory which is used in conducting this research is the theory of role model which views that the interpersonal relation as the theater, in which everyone should act based on their role and the script that has created by society.This research is use the descriptive qualitative approach. There are 10 informant for this research that is the housewife who is already selected based on the purposive technic. The data are obtained through the interview and observation.The result of this research shows that the interpersonal communication approach which is applied by mother in training the emotional intelligence of the early childhood as the form of the informative approach, dialogic, persuasive, and instructive. The informative approach is applied by the mother for delivering the understanding to the child. Therefore, the dialogical approach is applied by the mother for knowing the child’s needs and what the child want, whereas the persuasive approach is applied when the mother want to persuade the child who is quite unruly. This dialogical approach also applied to the children who have the problem on expressing their emotional. The last approach is the instructive approach which is applied by the mother for implementing the created regulation in order to establish the discipline on the child. The obstacle on communication that would be appeared when the mother try to train the emotional intelligence of the child is that the difference perception and the language, emotional and physically disturbance.

Keyword: Interpersonal communication approach,tMother, Early Childhood, emoional intelligence

 





Keywords


Interpersonal communication approach;Pendekatan Komunikasi Interpersonal, Mother;Ibu, Mother, Early Childhood;Anak Usia Dini, emoional intelligence;Kecerdasan Emosional

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Tim Redaksi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jln. Tanoh Abee, Kopelma Darussalam
Banda Aceh, 23111, Aceh
Indonesia