Evaluasi Teknis Sistem Penyaliran Tambang, Studi Kasus: PT. Bara Energi Lestari Kabupaten Nagan Raya, Aceh

Rahmadi siahaan, Pocut Nurul Alam, Febi Mutia

Abstract


 Tambang Pit IV PT. Bara Energi Lestari berada di Nagan Raya, Provinsi Aceh. Sistem penambangan terbuka dengan menggunakan metode strip mine diterapkan pada Pit IV PT. Bara Energi Lestari. Kegiatan penambangan bergantung terhadap keadaan cuaca pada lokasi tambang, antara lain hujan. Keberadaan air hujan  akan mengganggu kegiatan penambangan sehingga air yang berada di sump harus dikeluarkan. Evaluasi pada Pit IV curah hujan yang direncanakan 113,38 mm/hari dan intensitas hujan selama 4 jam sebesar 15,60 mm/jam menghasilkan debit limpasan 16.040 m3/jam. Volume air yang akan masuk ke Pit IV sebesar 17.613 m3. Untuk mengatasi air yang akan masuk ke Pit IV adalah dengan mengalirkan air melalui saluran terbuka dan ditampung pada sump. Sistem pemompaan ini menggunakan 1 unit pompa Sykess 150 HH yang diletakkan di sump Pit IV. Pompa memiliki nilai julang total sebesar 25,04 m, debit aktual pompa 3.123 m3/hari, nilai efisiensi pompa 95% dengan jam operasi pompa 22 jam. Untuk mengatasi volume total air 17.556,5 m3/hari yang masuk ke sump, direkomendasi dimensi sump dengan ukuran baru 85 m x 70 m x 3 m.


Keywords


Pompa, Curah Hujan, Kolam Penampungan

Full Text:

PDF

References


Endrianto, M. dan Muhammad R. 2013. Perencanaan Sistem Penyaliran Tambang Terbuka Geosains, 9, 1. Teknik Pertambangan Universitas Hasanuddin.

Hendratmoko, I. 2006. Diktat Kuliah Sistem Penirisan Tambang MTT 203. Jurusan Teknik Pertambangan. Universitas Trisakti. Jakarta.

Hilda, L dan Totok S. 2003. Perancangan Switching Control Pada Paralel Pump Submersiable Di Sumur Intake Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Gresik. Jurusan Teknik Fisika FTI ITS Surabaya.

Pranajaya, D. 2013. Perencanaan Kapasitas Jenis Pompa Pada PT. Ulima Nitra Jobsite PT. Muara Alam Sejahtera Lahat Sumatera Selatan. Jurusan Teknik Pertambangan. Fakultas Teknik. Universitas Sriwijaya. Indralaya. Palembang.

Sularso, dan Tahara H. 2000. Pompa Dan Kompresor. Jakarta. PT. Pradaya Paramita.

Suryadiputra, D. S. 2011. Kajian Teknis Sistem Penyaliran Tambang Terbuka PT. Kalimantan Prima Persada Pit Bre Seam Ab, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Program Studi Teknik Pertambangan. Fakultas Teknik. Universitas Lambung Mangkurat

Suwandhi, A. 2004. Perencanaan Sistem Penyaliran Tambang. Diklat Perencanaan Tambang Terbuka. UNISBA.

Suyono, dan Takeda K. 1993. Hidrologi untuk Pengairan. Jakarta. PT. Pradnya Paramita.

Wesli. 2008. Drainase Perkotaan. Yogyakarta. Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.